ICONESIA

twitter
twitter
twitter

Berita

Analisis Portofolio Produk

Memasarkan produk adalah deals bauran rancangan product, pricing, place, promotion, packaging, dan positioning yang akan ditawarkan kepada prospek, dan pelanggan. Oleh karena itu setiap keputusan yang berkaitan dengan produk (barang atau jasa) harus merupakan keputusan strategik, karena akan memengaruhi eksistensi perusahaan jangka panjang, memengaruhi setiap fungsi dan tingkatan organisasi bisnis. Agar lebih mudah dilakukan pandulah dengan pertanyaan berikut ini :
- Produk apa yang akan ditawarkan (item dan kedalaman lini produk) ?
- Siapa yang akan menjadi target pelanggan (batasan segmen pasar yang dilayani) ?
- Bagaimana produk menjangkau mereka (saluran distribusi) ?
- Seperti apa nilai produk dipersepsi oleh pelanggan (positioning) ?
- Pada harga berapa produk yang akan ditawarkan ?
- Bagaimana memperkenalkan produk kepada pelanggan (misalnya, iklan) ?

Konsep produk merupakan bentuk tawaran produsen baik tangible (barang) maupun intangible (jasa) untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Dengan demikian konsep dasar produk adalah segala sesuatu yang bernilai dapat ditawarkan ke pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan. Dari konsep ini, ada tiga aspek yang dianggap penting :
† †† Produk††††††††††† : Sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan need (kebutuhan) atau want†††††††††††††
† † † † † † † † † † † † † † † (keinginan) target pasar.
† †† Produk † † † † †† : Barang, jasa, ide, kegiatan, tempat, pengalaman, peristiwa, atau informasi.
† †† Nilai††††††††††††††† : Manfaat yang diperoleh dari produk.

Konsep perencanaan penawaran produk meliputi beberapa hal yaitu :
  • Produk inti (core benefit), adalah manfaat yang sesungguhnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh customer dari setiap produk.
  • Produk generik, adalah produk dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar (rancangan produk minimal agar dapat berfungsi).
  • Produk harapan (expected product), adalah produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dan kondisinya secara normal (layak) diharapkan dan disepakati untuk dibeli. Sebagai contoh, tamu hotel mengharapkan tempat tidur yang bersih, sabun dan handuk, air ledeng, telepon, lemari pakaian, dan ketenangan.
  • Produk pelengkap (augmented product), produk pelengkap yakni berbagai atribut produk yang dilengkapi atau ditambahi berbagai manfaat dan layanan, sehingga dapat memberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dengan produk pesaing. Misalnya, hotel bisa menambahkan fasilitas TV, shampo, bunga-bunga segar, check in yang cepat, check out yang cepat, peayanan kamar yang baik, dan lain-lain.†
  • Produk potensial, adalah segala macam tambahan dan perubahan yang mungkin dikembangkan untuk suatu produk di masa mendatang. Misalnya hotel menambahkan faslitas layanan internet, perekam video dengan kaset videonya, sepiring buah-buahan segar, dan sebagainya.
Lembaga Survei Iconesia

Berita Terkait